header-int

Penyerahan Sertifikat Keterampilan Kerja kepada Mahasiswa Politeknik Jambi

Kamis, 05 Nov 2020, 10:10:58 WIB - 24 View
Share

PojamNews, Sebanyak 43 mahasiswa Politeknik Jambi menerima sertifikat keterampilan kerja dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Jambi. Penyerahan sertifikat ini merupakan akhir dari rangkaian kegiatan workshop keselamatan, dan kesehatan kerja (K3) dan distance learning serta uji sertifikasi pelaksana/pengawas wilayah Jambi yang diadakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang. Uji Sertifikasi Keterampilan Tingkat I ini ditujukan kepada mahasiswa tingkat akhir di bidang arsitek, sipil, mekanikal, elektrikal, dan tata lingkungan atau biasa disingkat ASMET dengan berbagai sub klasifikasi keahlian.

Acara workshop dan uji sertifikasi berlangsung selama 2 hari, yakni pada 23 dan 24 Oktober 2018. Acara diawali dengan workshop atau pembekalan materi mengenai industri konstruksi dan kebutuhan tenaga kerja konstruksi lalu diakhiri dengan uji sertifikasi keahlian sebagai pelaksana atau pengawas proyek. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang K3 dan distance learning sebagai salah satu metode pelatihan dalam tahapan menjadi ahli muda, serta menyiapkan mahasiswa agar segera terserap sebagai tenaga kerja dalam industri konstruksi.

Politeknik Jambi sebagai pendidikan vokasi yang memiliki empat program studi (teknik elektronika, teknik listrik, teknik mesin, dan akuntansi) mengirimkan 43 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan uji sertifikasi ini. Dari 189 peserta yang mengikuti kegiatan sertifikasi tersebut, semua mahasiswa Politeknik Jambi berhasil lulus dan mendapatkan sertifikat keterampilan kerja yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, khususnya di bidang konstruksi. Penyerahan Sertifikat Keterampilan kerja kepada para peserta uji sertifikasi dilaksanakan pada tanggal 21 januari 2019 oleh Pusat Pengembangan Politeknik jambi yang bertanggung jawab atas peningkatan kapasistas mahasiswa dan bertanggung jawab terhadap kegiatan akademik dalam bentuk sertifikasi keahlian bagi mahasiswa Politeknik jambi.

Sesuai dengan Undang-undang No. 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi, tenaga kerja konstruksi wajib memiliki sertifikasi kompetensi kerja yang diperoleh melalui uji kompetensi oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP). Dengan memiliki sertifikat keterampilan kerja ini diharapkan dapat menambah value bagi mahasiswa Politeknik Jambi. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa keterampilan dan keahlian mahasiswa Politeknik Jambi sebagai tenaga kerja konstruksi diakui. Hal ini membuat mahasiswa atau lulusan Politeknik Jambi siap memasuki dunia kerja karena sertifikat ini menjadi syarat untuk bekerja di bidang engineering. Poljam Bisa! (PP)

Unidha Politeknik Jambi Merupakan Kampus Vokasi Siap Kerja Dan Solusi MEA. | Politeknik Jambi Membuka Program Studi Baru Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak. Bersama Kami, Anda Sukses. | Gedung Kampus Baru Politeknik Jambi, yang berlokasi di Simpang Rimbo, tepatnya di Jl. Lingkar Barat II Lr. Veteran RT. 04 Kel. Bagan Pete, Kec. Kota Baru, Kota Jambi. | All Rights Reserved. Support By TIM IT Politeknik Jambi 2020.
© 2020 Politeknik Jambi Follow Politeknik Jambi : Facebook Twitter Linked Youtube