header-int

SEMINAR VIRTUAL WARNAI DIES NATALIS KE-18 POLITEKNIK JAMBI

Kamis, 26 Agu 2021, 15:43:03 WIB - 190 View
Share
SEMINAR VIRTUAL WARNAI DIES NATALIS KE-18 POLITEKNIK JAMBI

Jambi | Dalam memperingari hari jadi ke-18 tahun, Politeknik Jambi mengadakan berbagai rangkaian acara. Salah satu dari rangkaian acara tersebut adalah webinar yang bertema “Semangat Kolaborasi Menuju Kampus Unggul di Bidang Teknologi Inovasi”. Kegiatan yang diadakan pada Sabtu, 14 Agustus 2021 tersebut sekaligus menjadi puncak perayaan acara Dies Natalis Politeknik Jambi ke-18. Dalam seminar yang dilakukan secara virtual ini, Politeknik Jambi menghadirkan 3 Narasumber dari 3 segmen yang berbeda yaitu dari pertama dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X yang diwakili oleh Bapak Prof. Dr. Herri, SE, MBA selaku Kepala LLDIKTI Wilayah X, kedua Pemerintah Kota Jambi diwakili oleh Bapak Dr. dr. H. Maulana, MKM selaku Wakil Walikota Jambi, dan ketiga Pertamina Hulu Rokan Zona 1 yang diwakili oleh Bapak Muzwir Wiratama selaku Senior Manager Production & Project Pertamina Hulu Rokan Zona 1.

Diawali dengan sambutan Direktur Politeknik Jambi, Ibu Ir. Hilda Porawati, MT yang menyampaikan bahwa dirinya banyak berterima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan Politeknik Jambi, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni Politeknik Jambi karena berkat kinerja dan solidaritas semua pihak Politeknik Jambi bisa terus berkembang sampai usia ke 18 saat ini, dan juga dirinya berterima kasih banyak kepada semua pihak eksternal seperti LLDikti Wilayah X, Pemerintah Kota Jambi, Pihak Industri seperti Pertamina Hulu Rokan Zona 1, dan pihak lainnya yang terus memberikan dukungan dan antusiasnya kepada Politeknik Jambi sehingga bisa terus berkembang dan terus berkarya sampai saat ini. Ibu Ir. Hilda Porawati, MT juga menjabarkan keberhasilan Politeknik Jambi dalam lingkup akreditasi, prestasi, serapan alumni yang bekerja, dan keberhasilan lainnya yang akan terus ditingkatkan kedepannya.

Selanjutnya, dilanjutkan kata sambutan dari Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah X C oleh Bapak Dr. Filius Chandra, SE., MM. Dalam kata sambutannya tersebut, dirinya selaku Ketua APTISI Wilayah X-C mengucapkan selamat kepada Politeknik Jambi atas Dies Natalis ke 18 dan juga mengapresiasi atas keberhasilan yang telah diraih Politeknik Jambi serta memberikan dukungan untuk terus berkembang dan terus meningkatkan keberhasilan Politeknik Jambi.

Acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi yang diawali oleh Bapak Dr. dr. H. Maulana, MKM selaku Wakil Walikota Jambi, dengan memberikan ucapan selamat Dies Natalis Politeknik Jambi Ke 18 dan mendukung setiap kegiatan yang berhubungan dengan pihak pemerintah. Selanjutnya beliau menyampaikan makalah berjudul “Peningkatan Daya Saing Sebagai Upaya Mewujudkan Keunggulan Bangsa”. Dalam makalah tersebut Wakil Walikota Jambi tersebut mengatakan ” Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0, ” jelasnya. Selain itu juga, dirinya berpesan harus selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa. Keunggulan sumber daya manusia di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas.

Materi kedua yang disampaikan dalam webinar ini dipaparkan oleh Bapak Muzwir Wiratama selaku Senior Manager Production & Project Pertamina Hulu Rokan Zona 1. Dalam materinya, beliau sangat antusias atas kesempatan sebagai pemateri dalam webinar ini dan mengucapkan selamat atas Dies Natalis Politeknik Jambi ke 18, beliau selalu mendoakan dan akan terus medukung setiap kegiatan Politeknik Jambi terutama yang berhubungan dengan dunia Industri, selanjutnya beliau menjelaskan tentang pentingnya kesiapan diri setiap mahasiswa yang akan terjun kedalam dunia kerja khususnya dunia industri. Banyak hal yang harus dipersiapkan seperti attitude, softskill, hardskill, dan manage, diharapkan dengan persiapan lebih awal akan memudahkan mahasiswa ketika menghadapi dunia kerja khususnya di dunia industri.

Selanjutnya materi ketiga disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Herri, SE, MBA selaku Ketua LLDikti Wilayah X. Pada penyampaiannya mengambil judul “Meningkatkan Kerjasama Dengan Stakeholder Dalam Mendorong Inovasi Dan Implementasi Kampus Merdeka”.Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan bahwa untuk mendukung implementasi program kampus merdeka yang saat ini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengharuskan semua pihak harus saling bahu-membahu agar tercapainya program tersebut, tidak bisa hanya satu pihak saja yang berjuang melainkan semua pihak harus berjuang bersama. Dalam kesempatan itu juga beliau menyampaikan arah kebijakan dan strategi untuk penguatan pendidikan tinggi berkualitas RPJMN 2020-2024, dimana ada 7 poin yaitu pertama penguatan kelembagaan perguruan tinggi, kedua perwujudan diferesiasi misi, ketiga pembiayaan pendidikan tinggi, keempat pengembangan bidang keilmuan dan inovasi pembelajaran, kelima peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi, keenam kerjasama perguruan tinggi-industri-pemerintah, dan ketujuh perguruan tinggi sebagai produsen iptek-inovasi dan pusat keunggulan. Sebagai penutup beliau juga menyampaikan ucapan selamat kepada Politeknik Jambi ke 18 dan berpesan untuk terus maju, berkarya dan meningkatkan prestasi.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan memberikan kesempatan kepada partisipan untuk bertanya kepada semua narasumber dan acara ditutup sesi foto bersama secara virtual. red

 

Politeknik Jambi adalah Kampus Vokasi Siap Kerja satu-satunya di Provinsi Jambi
Politeknik Jambi Membuka Program Studi Baru Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Gedung Kampus Baru Politeknik Jambi, yang berlokasi di Jl. Lingkar Barat II Lr. Veteran RT. 04 Kel. Bagan Pete, Kec. Kota Baru, Kota Jambi
Telp.(0741) 5917477 0822 8006 9039 (Badar) 0812 8927 3485 (Riyan)

© 2021 Politeknik Jambi Follow Politeknik Jambi : Facebook Twitter Linked Youtube