PoljamNews: Ada yang berbeda dari tahun lalu pada persiapan pelepasan keberangkatan mahasiswa Politeknik Jambi dalam rangka mengikuti praktek kerja lapangan (PKL). Selain pembekalan serta pengarahan dari Ketua Program Studi (Kaprodi), pembekalan dilakukan oleh Direktur Politeknik Jambi, Kepala Career Development Centre (CDC), bagian kemahasiswaan serta Kepolisian.

Seluruh mahasiswa dikumpulkan untuk mendapatkan pengarahan sekaligus pembekalan agar PKL yang nantinya akan dilaksanakan mahasiswa dapat  berjalan sesuai dengan standar mutu. “PKL ini berbeda karena (Politeknik Jambi) saat ini sudah menjalankan penjamin mutu internal. Kami benar-benar memonitoring kegiatan yang dilakukan di lapangan. Pembimbing PKL harus turun ke lapangan, artinya ke perusahaan-perusahaan dimana mahasiswa ditempatkan,” kata Direktur Politeknik Jambi, Ir. Hilda Porawati dalam pengarahannya, Jumat 28/07/2017.

“Apabila ada dosen atau pembimbing yang tidak turun ke lapangan maka mahasiswa dapat mengingatkan, mahasiswa jangan takut tidak diluluskan apabila ada dosen meminta tanda tangan sementara yang bersangkutan tidak datang hadir memberikan bimbingan,” lanjut Hilda yang diberi aplus meriah seluruh mahasiswa yang hadir.

Pentingnya kinerja dan etika

Kepala CDC dan bagian kemahasiswaan yang ikut memberikan  pembekalan menekankan sikap (attitude) etika selama mahasiswa melaksanakan PKL. Kepala CDC, Novarini,S.T.,M.T. mengingatkan pentingnya kinerja mahasiswa selama melaksanakan PKL di perusahaan. Menurutnya, selama melaksanakan PKL mahasiswa hendaknya selalu memegang teguh disiplin, inisiatif, kecakapan dan juga attitude.

“Kalau mereka (perusahaan) senang tidak menutup kemungkinan mereka ingat dan akan mengajak anda pada saat tamat untuk memasukkan lamaran kerja di perusahaan mereka,” jelas Novarini yang juga selaku Pembantu Direktur II di Politeknik Jambi.

Praktek kerja lapangan yang dilaksanakan mahasiswa Politeknik Jambi ini adalah merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa semester IV yang memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

Tahun ini Politeknik Jambi memberangkatkan mahasiswa yang terdiri dari 4 (empat) jurusan yang ada yakni Teknik Mesin, Teknik Listrik, Teknik Elektronika dan Komputer Akuntansi. Kegiatan PKL dilaksanakan di perusahaan-perusahaan yang ada baik di Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. (WD).

Berita

Layanan Online

-

Lokasi Kampus

Video