1 5 2 6 3 4
01 / 06

1

02 / 06

5

03 / 06

2

04 / 06

6

05 / 06

3

06 / 06

4

Politeknik Jambi Gelar FGD di SMK Negeri 1 Tanjabtim

 

Bersama Politeknik Jambi, SMKN 1 Tanjabtim Wujudkan SMK Terbaik di Indonesia

 

Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Politeknik Jambi telah merumuskan pola pembinaan karir bagi siswa SMK di wilayah provinsi Jambi agar lulusannya siap berkompetisi dan bekerja dengan karir yang baik serta tingkat kesejahteraan yang memadai.

 

Berkaitan hal itu, Sabtu, 20 Januari 2016, bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Politeknik Jambi menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur dengan tajuk “Karir Anda Sukses Anda”.

 

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Feri Marjoni, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Saya berharap siswa-siswi SMK, terutama di SMKN1 Tanjung Jabung Timur sukses berkarir di dunia industri atau pun di bidang lainnya. Karena itu, kegiatan ini sangat bermakna sekaligus memotivasi pihak sekolah untuk membekali para siswa dengan pengetahuan, skil, dan karakter unggul,” ungkapnya dalam sambutan.

 

Dalam pembinaan dan pengembangan karir siswa SMKN 1 Tanjung Jabung Timur, Politeknik Jambi mendatangkan narasumber dari kalangan Industri yaitu Lasno dari PT. Petrochina dan Fadlul Khoirudin Basori sebagai pelaku usaha. Sementara Politeknik menghadirkan Nova Rini sebagai akademisi dan Sukadi sebagai fasilitator.

 

Mewakili kalangan industri, Lasno mengatakan usaha menumbuhkan karakter unggul di kalangan siswa-siswi merupakan keharusan. “Karena sikap tanggung jawab terhadap diri dan sesama, bekerja secara makasimal, mencintai pekerjaan dan agama adalah prasyarat utama sukses bekerja di dunia industri,” imbuhnya.

 

Hal serupa dikatakan Nova Rini, berkarir di dunia industri, di samping penguasaan teknologi dan skil, berkarakter unggul seperti disiplin, kerja keras, bertanggung jawab, percaya diri, serta, mentaati peraturan dan agama merupakan suatu keharusan. Ia menambahkan, sebagai perguruan tinggi vokasi, Politeknik Jambi merupakan institusi pendidikan tinggi yang dapat mewujudkan cita-cita sekaligus harapan siswa-siswi untuk bekerja di dunia industri”, ungkapnya menjawab pertanyaaan siswa.

 

Dua pendapat di atas diamini Bashori. Merujuk pengalamannya dalam mengembangkan usaha, ia meyakini bahwa mengetahui apa tujuan hidup dan hidup harus mempunyai cara, alat, belajar, cita-cita, dan doa, sehingga dalam perjalanan bisa terhindar dari putus asa dan selalu memiliki cara beradaptasi dengan perubahan yang bergerak begitu cepat.

 

FGD yang berlangsung selama tiga jam itu memunculkan berbagai pandangan dan optimisme, tak terkecuali dari pihak sekolah berserta para siswa di SMKN I Tanjung Jabung Timur. Bahkan, melalui forum FGD itu terbentuk kesepakatan dan kesepahaman bersama, yaitu menjadikan SMK N 1 Tanjung Jabung Timur salah satu SMK terbaik di Indonesia.

 

Menanggapi hal itu, Joni Efriadi, selaku kepala sekolah SMKN 1 Tanjung Jabung Timur merasa bahagia dan akan berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan fasilitas belajar serta adanya dukungan dari banyak pihak, terutama guru, orang tua, dan pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita sekolah ini. “Karena itu, saya mendorong agar prestasi siswa-siswi terus meningkat, aturan sekolah dipedomani, dan menciptakan ruang-ruang kreasi bagi para siswa-siswi (Ekstrakulikuler),jawabnya disambut tepuk tangan siswa-siswi.[]

 

 

Video

Galeri

  • Gedung Perkuliahan
    Gedung Perkuliahan
  • Teknik Listrik
    Teknik Listrik
  • Teknik Mesin
    Teknik Mesin
  • Teknik Elektronika
    Teknik Elektronika
  • Akuntansi
    Akuntansi

Lokasi

© 2018 Politeknik Jambi. All Rights Reserved. Support By TIM IT Politeknik Jambi.