1 2 3 4
01 / 04

1

02 / 04

2

03 / 04

3

04 / 04

4

Reaktor Pirolistik Pengubah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Karya Mahasiswa Politeknik Jambi

PoljamNews: Adalah tiga orang mahasiswa Politeknik Jambi, Mustakin, Abi Zarrin dan Helmi Novaldi yang prihatin dengan banyaknya limbah plastik yang bukan hanya mengotori lingkungan yang berserakan di jalan dan banyak menyumbat saluran air. Mereka bertiga membuat reaktor pirolisis sampah plastik sebagai proyek akhir sebelum menyelesaikan kuliah di Politeknik Jambi.

Plastik adalah merupakan limbah anorganik yang saat ini banyak berserakan di lingkungan karena merupakan limbah yang tidak mudah terurai. Sampah plastik yang banyak bertebaran di jalanan sebenarnya mempunyai nilai tambah. Dengan sedikit sentuhan teknologi sampah limbah plastik dapat diurai menjadi bahan bakar dengan cara pirolisis.

Prinsip pirolisis akan memanaskan sampah plastik pada suhu sekitar 5000 C sehingga fasenya akan berubah menjadi gas dan kemudian akan terjadi proses perengkahan (cracking). Setelah gas didinginkan akan didapattkan bahan bakar cair yang setara dengan bensin dan solar yang bisa digunakan sebagai bahan bakar mesin.

Mengingat kandungan energi yang tinggi dari bahan plastik, maka potensi pemanfaatannya sebagai salah satu sumber energi memiliki prospek yang cukup bagus di masa mendatang. Reaktor Pirolistik yang dibuat mempunyai dua keuntungan sekaligus yaitu mengurangi problem sampah dan juga menghasilkan energi yang bisa digunakan untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional.

Reaktor pirolisis yang dibuat oleh ketiga mahasiswa ini sudah pernah dicoba dan berhasil walaupun secara ekonomis belum bisa diaplikasikan secara komersial, kata Ary Kurniawan,ST dosen Politeknik Jambi yang sekaligus pembimbing praktek mahasiswa Politeknik Jambi.”Gas yang digunakan untuk membakar plastik dengan bahan bakar yang dihasilkan belum sesuai. Tetapi sebagai wacana ini merupakan langkah awal dan bisa disempurnakan dikemudian hari,” kata Ary Kurniawan.

Jenis plastik yang digunakan dalam reaktor ini harus memiliki karakteristik fisik yang stabil dan memiliki ketahanan terhadap bahan kimia, cuaca, sifat elektrik dan aliran. Bahan ini paling sulit didaur ulang dan paling sering kita jumpai penggunaannya pada pipa dan konstruksi bangunan, plastik kemasan minuman yakni jenis PP (polypropylene), LDPE (low density polyethylene), PET (Polyethylene Terephthalate) dan HDPE (high density polyethylene).(WD)

Video

Galeri

  • Gedung Perkuliahan
    Gedung Perkuliahan
  • Teknik Listrik
    Teknik Listrik
  • Teknik Mesin
    Teknik Mesin
  • Teknik Elektronika
    Teknik Elektronika
  • Akuntansi
    Akuntansi

Lokasi

© 2018 Politeknik Jambi. All Rights Reserved. Support By TIM IT Politeknik Jambi.