1 2 3 4
01 / 04

1

02 / 04

2

03 / 04

3

04 / 04

4

Workshop dan Karier Dosen di Politeknik Jambi

Politeknik Jambi mengadakan Workshop Karier Dosen dengan materi Komitmen Karier Dosen dan Jabatan Fungsional bertempat di Ruang Seminar Politeknik Jambi, Sabtu 2/4. Workshop diikuti oleh seluruh dosen tetap di lingkungan Politeknik Jambi dengan menghadirkan dua orang pembicara dari Kopertis Wilayah X Padang, Riau dan Jambi yakni Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X, Drs. Hanafi,MS dan Yandri A,SH,MH yang menjabat Kabag. Umum Kopertis Wilayah X.

Dalam amanatnya Drs. Hanafi,MS kepada seluruh dosen di Politeknik Jambi menyatakan bahwa jabatan dosen adalah merupakan jabatan karier dimana tidak ada perbedaan antara perguruan tinggi negeri dengan perguruan tinggi swasta. Karier tertinggi dan harus menjadi cita-cita dari seorang dosen adalah menjadi guru besar atau profesor.

Seorang dosen atau pengajar, menurutnya setidak-tidaknya harus mempunyai kecerdasan sosial dengan pandai-pandai memilih rumah dan pindah-pindah tempat mengajar karena akan menghalangi karir selanjutnya. “Pindah tidak dilarang, tetapi sebaiknya jangan dilakukan karena justru akan kontraproduktif karena akan menghambat karir di masa depan.” Lanjut Hanafi, menurutnya bekerja dimana saja mempunyai tantangan yang sama saja hanya problemnya saja yang berbeda. Dan seorang yang cerdas seharusnya bisa menjadikan tantangan menjadi sebuah peluang.

Untuk mencapai karier tertinggi tersebut diperlukan tiga hal menurut Hanafi yang juga mempunyai hobi menyanyi dan memiliki beberapa album rekaman itu. Ketiga hal itu adalah kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Kerja keras akan mendatangkan rejeki, kerja cerdas akan melipatgandakan rejeki dan kerja ikhlas akan melapangkan hati.

Karier Dosen

Saat ini pemerintah tidak membeda-bedakan jabatan karir dosen antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Banyak jalan untuk mencapai gelar profesor dalam waktu yang relatif singkat sehingga kesan bahwa profesor itu pasti sudah tua dan pikun akan terbantahkan. “Saat ini banyak profesor yang masih muda-muda dan itu dimungkinkan karena aturan untuk mendapatkan gelar profesor sekarang sudah dipermudah dalam arti bagi yang mempunyai kemauan dan kemampuan,” kata nara sumber berikutnya Yandri,SH,MH.

Dalam sesi ini Yandri menerangkan secara lugas bagaimana teknis mengumpulkan angka kum untuk pengurusan jabatan fungsional dosen secara cepat, tepat dan legal sehingga dapat dengan cepat mencapai jenjang profesor, suatu cita-cita tertinggi bagi seorang yang berprofesi sebagai dosen.

Akhir dari acara workshop ini Yandri yang juga merupakan seorang dosen di salah satu PTS di Kota Padang mengapresiasi niat Politeknik Jambi untuk memwujudkan impian menjadi Politeknik nomor satu di Sumatera. “Menjadi nomor satu di Sumatera itu mungkin, selain sarana dan prasarana juga kesiapan sumber daya manusia yang mengelola Politeknik ini adalah yang utama. Diharapkan dosen menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bukan saja pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat tetapi juga penelitian,” demikian Yandri Mustafa. (WD)

Video

Galeri

  • Gedung Perkuliahan
    Gedung Perkuliahan
  • Teknik Listrik
    Teknik Listrik
  • Teknik Mesin
    Teknik Mesin
  • Teknik Elektronika
    Teknik Elektronika
  • Akuntansi
    Akuntansi

Lokasi

© 2018 Politeknik Jambi. All Rights Reserved. Support By TIM IT Politeknik Jambi.