Politeknik Jambi MoU dengan SMK Negeri 1 Muaro Jambi

Penandatanganan nota kesepahaman/ memorandum of understanding (MOU) antara Politeknik Jambi dengan SMK Negeri 1 Muaro Jambi ditandatangani, Sabtu 23 Maret 2016. Darmuji Jais,S.Ag,M.Pd selaku Pembantu Direktur I (PD I) mewakili Politeknik Jambi dan Bukri,SP selaku Kepala Sekolah mewakili SMK Negeri 1 Muaro Jambi .

Dalam sambutannya Darmuji Jais menyatakan bahwa MOU adalah merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan dalam rangka Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Lebih lanjut Darmuji juga menjelaskan sejarah berdirinya Politeknik Jambi dari semenjak awal alih kelola di tahun 2007 hingga sampai saat sekarang ini. Saat ini Politeknik Jambi sudah memiliki gedung sendiri yang diresmikan oleh Gubernur Jambi bertepatan dengan wisuda mahasiswa ke-7 pada tanggal 20 Januari 2014. Alumni Politeknik Jambi saat ini 90 persen sudah bekerja dan terserap di dunia industri.

Darmuji juga memaparkan kemajuan Politeknik Jambi yang baru-baru ini telah melakukan MoU dengan delapan universitas di China. Isi dari MoU antara lain adalah program pertukaran mahasiswa ke China dan bagi siswa-siswi SMA/SMK yang akan melanjutkan kuliah ataupun magang akan di tes di Politeknik Jambi. Pemerintah China saat ini menyediakan 4000 beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di China, tetapi realisasinya baru seperempatnya yang terisi.

Dalam sambutan balasannya Bukri,SP Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Muaro Jambi memaparkan bahwa SMK yang dipimpinnya adalah merupakan SMK tertua yang merupakan SMK favorit dan rujukan di Muaro Jambi.

Sebagai kepala sekolah, Bukri tidak henti-hentinya memotivasi siswanya untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Jambi sesuai dengan moto SMK Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha (BMW). Hal yang mengherankan, lanjut Bukri, alumni SMK Negeri 1 Muaro Jambi ternyata kurang dari 10 persen yang melanjutkan kuliah atau bekerja.

Pada dasarnya dalam kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) siswa dipersiapkan untuk bekerja, tetapi yang bekerja juga kecil. Berbagai upaya telah dilakukan seperti seperti praktek kerja industri di perusahaan-perusahaan besar tetapi banyak yang tidak tahan dan pulang dengan berbagai alasan yang terkadang tidak masuk akal, lanjut Bukri.

Dengan MOU ini Bukri berharap Politeknik Jambi dapat memberikan kontribusinya dalam memotivasi siswa SMK Negeri 1 Muaro Jambi untuk mpunyai semangat melanjutkan pendidikan dan memberi tempat yang lebih banyak bagi siswa-siswa yang melaksanakan prakerin.

Video

Galeri

  • Gedung Perkuliahan
    Gedung Perkuliahan
  • Teknik Listrik
    Teknik Listrik
  • Teknik Mesin
    Teknik Mesin
  • Teknik Elektronika
    Teknik Elektronika
  • Akuntansi
    Akuntansi

Lokasi

© 2018 Politeknik Jambi. All Rights Reserved. Support By TIM IT Politeknik Jambi.